Kunci Sistem Windows Xp Dengan Disket (Syskey)

Bicara soal keamanan, Windows Xp menyediakan berbagai cara untuk mengamankan sistem dan data yang terdapat di dalamnya. Pengamanan dilakukan dengan menggunakan password dan enkripsi (pengacakan data). Pengamanan dengan password biasa kita temui ketika masuk ke windows atau saat membuka dokumen tertentu. Meski demikian, password masih memiliki sedikit kelemahan. Kelemahannya yaitu, pengamanan tidak dilakukan secara fisik. Artinya, jika informasi mengenai password bocor kepada seseorang yang tidak berhak, orang tersebut bisa mengakses komputer dengan mudah. Atau dengan trik tertentu dan bantuan beberapa program, password dapat diketahui atau dihilangkan.

Masalah di atas tidak akan terjadi jika kita melakukan pengamanan yang membawa unsur fisik, dengan disket atau flash disk. Misalnya di samping memasukkan password, pengguna diharuskan memasukkan disket atau flash disk yang menjadi bukti bahwa ia memiliki hak akses ke sistem. Dengan begini pengamanan jauh lebih baik.

Untuk pengamanan dengan bantuan flash disk, beberapa flash disk "mahal" menyediakan fitur PC-Lock yang memungkinkan penguncian PC dengan flash disk. Bagaimana kalau kita tidak memiliki flash disk dengan fitur PC-Lock? Windows Xp menyediakan solusi murah meriah, yaitu dengan menggunakan sebuah disket.

Fitur ini bisa kita dapatkan dengan mudah dan yang terpenting "gratis". Cukup sediakan disket kosong, dan lakukan langkah-langkah berikut:
  1. Klik [Start] > [Run] lalu isikan / ketik syskey lalu klik [Open]
  2. Maka akan tampil jendela Securing the Windows XP Account Database. Pilihlah option [Encryption Enable]
  3. Setelah itu klik tombol [Update]
  4. Pada jendela Startup Key, terdapat dua pilihan, yaitu [Password Startup] dan [System Generated Password]
  5. Pilih option ke-2 [System Generated Password], agar windows secara otomatis menciptakan password yang unik.
  6. Ketika memilih option ke-2 ini, ada dua option baru yang akan tampil, yaitu: [Store Startup Key on Floppy Disk] dan [Store Startup Key Locally]
  7. Pilihlah option [Store Startup Key on Floppy Disk] agar windows meminta disket kunci dimasukkan saat Windows mulai dijalankan.
  8. Sekarang saatnya disket kosong yang telah disiapkan dimasukkan ke dalam drive A, setelah itu klik [OK] untuk memulai pembuatan kunci.
  9. Jika pembuatan disket telah selesai, keluarkan disket dan tutup program Syskey.

Sejak pembuatan disket ini, adalah suatu keharusan untuk memasukkan disket kunci ke dalam drive A (Floppy Drive) agar seseorang dapat bekerja dengan komputer yang dikunci.

Sangat disarankan:
  • Buatlah disket kunci ini lebih dari satu buah, 2 atau 3, untuk mencegah rusak atau hilangnya disket kunci tersebut yang menyebabkan Windows Xp tidak dapat lagi dijalankan.
  • Buatlah file image Windows Xp Anda sebelum membuat disket kunci. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, Anda tinggal meng ekstrak kembali file image Windows Xp tersebut ke harddisk. Untuk membuat file image dan meng ekstrak nya, dapat menggunakan Norton Ghost.
  • Buatlah harddisk di PC menjadi dua partisi / drive (C dan D). Drive C buat sistem Windows Xp dan Drive D (buat penyimpanan data). Jika sewaktu-waktu sistem windows xp tidak dapat diakses karena disket kuncinya hilang atau rusak, data Anda tetap aman.

Selamat mencoba dan rasakan keamanan lebih di PC Anda, dan... balik lagi deh pakai disket!!!!
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.