Tentang GNU

Salah satu buku import yang saya suka karena pendekatannya ke arah praktikal adalah buku dari Designing-Implementing-Firewalls-netfilter-L7-filter
Saya belum tahu apakah buku ini ada yang menjualnya secara bebas di Toko Buku Indonesia. Kalau dibaca dari Amazon harganya kisaran 400 ribuan kurs rupiah. Saya sendiri dapat bukunya melalui Ebook/softcopy dari Situs warez :-P , terus di print menjadi hardcopy, karena tidak kuat membaca langsung dari monitor, juga tidak bisa dibawa kemana-mana.
Dibandingkan dengan literatur lain, baik buku Import dan buku Lokal, isinya buku cukup bagus, tidak bertele-tele juga sesuai dengan kondisi dilapangan.
Buku ini dibagi dalam 8 bab. Kira-kira uraian singkatnya adalah:
  • Bab I: Menjelaskan tentang konsep dasar jaringan komputer, konsep klasik seperti Layer pada OSI dan TCP/IP. Memang pintu masuk pertama langsung disodori oleh teori, seperti kata penulisnya, “When it comes to theory, some of you out there might find it boring to read; so the first thing may go throught your mind is to skip this chapter. Don’t do it. Even if you think that you know all the theoritical concepts, a recapitulation is good anytime”. Penjelasan tentang Layer-layer, paket header, pembagian ip address, subnet, supernetting, memang tidak bisa dipisahkan jika ingin belajar Network secara profesional. Entah mau mengambil sertifikasi Cisco, Mikrotik, Juniper, ataupun Linux selalu ini menjadi topik bahasan pertama. Penjelasan dibuku ini cukup singkat dan padat buat refreshing memory.
  • Bab 2: Baru masuk ke masalah keamanan pada masing layer, baik pada layer OSI dan TCP/IP, apa saja ancaman yang sering terjadi, seperti MAC Attacks pada Layer 2 ataupun Routing Protocol Attacks pada Layer 3, seperti BGP eksploit. Penjelasan masih bersifat konseptual dan penggambaran proses terjadinya serangan. Dari Bab 2 ini amat membantu kita memahami Bab 1 jika kita masih belum paham benar Bab 1.
  • Bab 3: Pada Bab ini kita dipaparkan tentang pilihan produk yang sering digunakan pada LInux, untuk fasilitas Firewall seperti Netfilter/IPtables, Traffic Control, dijelaskan dari sejarah singkat, cara download, kompilasi, serta cara proses kerja dan cara pakai. Di Jelaskan bagaimana kita mengatur QoS atau bahasa umumnya bandwidth management, baik dengan type HTB, Pfifo dan lainnya.
  • Bab 4: Pada Bab ini pemakaian fasilitas Nat dan Mangle Packet dengan IPtables. Bagi Anda yang sudah terbiasa memakai Mikrotik RouterOS atau belajar router melalui Mikrotik RouterOS, maka penjelasan pada Bab 4 ini akan membantu Anda untuk lebih memahami lagi proses-proses yang terjadi pada Firewall Mangle dan Firewall Filter pada Mikrotik. Begitu juga seperti QoS pada bab 3.
  • Bab 5: Pada Bab ini pembahasan tentang Layer 7. Mulai paparan dari apa itu Layer 7, instalasi sampai cara menggunakannya. Konsep bagaimana Layer 7 ini bekerja adalah bahasan paling menarik dari bab ini.
  • Bab 6, Bab 7, Bab 8: Ini baru terapan dari konsep yang dijelaskan pada bab sebelumnya, Setelah dikaji ulang ilmu dasar jaringan pada Bab 1 dan Bab2, diberitahu apa senjatanya dibab 3,4,5. Nah pada bab ini dipaparkan tentang pemakaian senjata-senjata itu pada berbagai situasi lapangan. Mulai merancang jaringan kelas Warnet, kelas Kantor Kecil sampai merancang Jaringan Kelas ISP hingga Merancang Jaringan untuk Kelas WAN Kota. Ada beberapa contoh kasus yang ada, mulai dari mesin-mesinnya Linux semua hingga ada hybrid mesin seperti Cisco dan Junifer.
Penulis buku ini Lucian Gheorghe barangkali karena orang lapangan yang 8 tahun lebih bekerja di NOC of Interoute, suatu ISP di Eropa, sehingga bahasannya bersifat praktikal sesuai dengan kasus-kasus yang sering terjadi dilapangan waktu dia bekerja. Bisa jadi karena itu dia tidak menuliskan Daftar Pustaka dihalaman belakang. Entah gimana saya juga tidak tahu.
Menurut saya, bagi yang ingin memasang Mail Server untuk perusahaan bagaimana topologinya dengan mesin Proxy Server atau Web Server dan posisinya pada Router, dapat mencari sedikit pencerahan dari buku ini.
Gak tahu juga ya, kenapa saya semangat kali untuk merekomendasikan buku ini buat Sysadmin pemula. Jelasnya dari sekian banyak hasil Sedotan dari Ebook warez, setelah saya baca-baca emang cocok buat orang lapangan buku ini.
Bagi yang tertarik buat mengintip beberapa skrip yang dilampirkan pada buku itu silahkan sedot pada http://www.packtpub.com/files/code/1655_Code.zip
Buat sedot buku/softcopynya, search aja di site ebook warez, atau beli aja hardcopy aslinya.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.